Abstract :
Mempelajari IPA pada prinsipnya tidak cukup sekedar
menghafal suatu konsep melalui buku pelajaran, namun hakikat
pembelajaran IPA adalah produk dan proses. Belajar IPA memerlukan
suatu model dan metode yang mengarahkan kepada pemecahan suatu
masalah sehingga siswa dapat mengamati secara langsung fenomena
yang terjadi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1)
perbedaan prestasi belajar siswa, (2) keterlaksanaan pembelajaran. Jenis
penelitian ini adalah penelitian kuantitatif.. Teknik analisis data meliputi
(1) prestasi belajar yang dianalisis menggunakan uji t dua sampel
independen, (2) keterlaksanaan pembelajaran menggunakan persentase.
Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan (1) prestasi belajar siswa
meningkat dengan nilai signifikansi 0,004. Hal ini menunjukkan bahwa
penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing
berpengaruh nyata terhadap prestasi belajar siswa, (2) keterlaksanaan
pembelajaran IPA menghasilka persentase rata-rata keterlaksaaan
pembelajaran sebesar 89% dengan kategori keterlaksanaan sagat baik,
hal ini menunjukkan kesesuaian pembelajaran dengan rencana
pelaksanaan pembelajaran.
Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing, Prestasi
Belajar Siswa.