Abstract :
Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Sumenep adalah perusahaan
milik Pemerintah Daerah Kota Sumenep yang melayani penyediaan air bersih
kepada warganya, yang dirasakan sebagai kebutuhan yang sangat mendasar bagi
masyarakat. Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Sumenep selalu
berusaha untuk melayani dan menyediakan kebutuhan air bersih kepada penduduk
Kabupaten Sumenep, dengan harapan masyarakat Kabupaten Sumenep
memperoleh pelayanan air bersih sehingga merasa terpuaskan dan tidak
mengalami kesulitan untuk mendapatkan pasokan air bersih.
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh dari variabel kualitas
pelayanan, harga dan lokasi terhadap kepuasan pelanggan. Sampel yang di ambil
sebanyak 99 sampel dari 12.718 populasi dengan metode pengambilan sampelnya
menggunakan rumus Slovin dan teknik pengambilan sampel menggunakan
purposive sampling.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis
pengaruh kualitas pelayanan, harga dan lokasi secara parsial terhadap kepuasan
pelanggan PDAM kota Sumenep, tujuan yang kedua untuk mengetahui dan
menganalisis pengaruh kualitas pelayanan, harga dan lokasi secara simultan
terhadap kepuasan pelanggan PDAM Kota Sumenep, dan tujuan yang ketiga
untuk mengetahui variabel kualitas pelayanan, harga, dan lokasi manakah yang
paling berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan PDAM kota sumenep.
Hasil penelitian ini bahwa kualitas pelayanan, harga dan lokasi secara
simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Sedangkan
variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan adalah
variabel lokasi.
Kata kunci: kualitas pelayanan, harga dan lokasi serta kepuasan pelanggan