Abstract :
PT Excelcomindo Pratama Tbk (XL) mulai tangal 23 Desember 2009 secara
resmi mengumumkan perubahan penggunaan nama perseroan dari PT.
Excelcomindo Pratama Tbk menjadi PT XL Axiata Tbk. Presiden Direktur XL,
Hasnul Suhaimi, menyatakan bahwa, ?penggunaan secara resmi nama baru
perseroan ini, menjadi tonggak semakin erat dan meningkatnya sinergi yang
dilakukan oleh XL sebagai bagian dari Axiata Group Berhad untuk menjadi
operator selular terdepan di kawasan regional khususnya di Indonesia?. Perubahan
nama perseroan ini juga tidak mengubah dan mempengaruhi merk XL yang sudah
dikenal luas oleh masyarakat.
Rumusan masalah dari penelitian ini adalah apakah harga, brand image dan
celebrity endroser secara parsial berpengaruh terhadap keputusan pembelian kartu
prabayar XL ( studi pada mahsiswa Universitas Wiraraja Sumenep ) dan rumusan
masalah yang kedua adalah apakah harga, brand image dan celebrity endroser
secara parsial berpengaruh terhadap keputusan pembelian kartu prabayar XL ( studi
pada mahsiswa Universitas Wiraraja Sumenep ).
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis secara
parsial apakah harga, brand image dan celebrity endroser secara parsial
berpengaruh terhadap keputusan pembelian kartu prabayar XL ( studi pada
mahsiswa Universitas Wiraraja Sumenep ) dan untuk mengetahui dan menganalisis
secara simultan harga, brand image dan celebrity endroser secara parsial
berpengaruh terhadap keputusan pembelian kartu prabayar XL ( studi pada
mahsiswa Universitas Wiraraja Sumenep )Sumenep.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara bersama-sama variabel indepen
mempengaruhi variabel dependen. Sedangkan secara sendiri-sendiri variabel
independen harga, brand image dan celebrity endorser mempunyai pengaruh yang
signifikan terhadap keputusan pembelian tetapi variabel independen harga tidak
mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian
Kata kunci: harga, brand image, celebrity endorser dan keputusan pembelian