Abstract :
Bahan ajar diperlukan untuk menunjang pembelajaran IPA
dalam meningkatkan berpikir kritis siswa MTs. Salah satu alternatif
melalui pengembangan petunjuk praktikum berbasis inkuiri. Tujuan
penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahui kelayakan petunjuk
praktikum berbasis inkuiri; (2) keterlaksanaan pembelajaran; (3)
berpikir kritis siswa; dan (4) respon siswa. Penelitian ini dilaksanakan di
MTs Sayyid Yusuf Talango kelas VII sebanyak 31 siswa, jenis
penelitian Research and Development (R&D) yang mengadaptasi dari
Sugiyono. Teknik analisis data pada: (1) kelayakan petunjuk praktikum
diperoleh menggunakan persentase keidealan petunjuk praktikum
berbasis inkuiri dan hasil angket respon siswa; (2) keterlaksanaan
pembelajaran diperoleh menggunakan persentase keterlaksanaan;
sedangkan (3) untuk berpikir kritis diperoleh menggunakan uji t sampel
berpasangan. Hasil penelitian yang didapatkan yaitu: (1) kelayakan
petunjuk praktikum berbasis sebesar 87,5% termasuk dalam kategori
layak untuk digunakan; (2) keterlaksanaan pembelajaran yang
dihasilkan sebesar 92,5% termasuk dalam kategori sangat baik; (3) hasil
uji t sampel berpasangan sebesar 0.000 menyatakan ada perbedaan
berpikir kritis siswa; (4) Respon siswa sebesar 96,5% termasuk dalam
kategori sangat baik.
Kata Kunci: Inkuiri, petunjuk praktikum, berpikir kritis.