Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan
motivasi belajar siswa kelas VIIB MTs. Tanwirul Hija melalui
penerapan Make a Match dengan menggunakan kartu Tazos. Subjek
penelitian ini berjumlah 23 siswa dan jenis penelitian yang digunakan
adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus
pembelajaran diadopsi dari Kemmis dan MC Taggart yang meliputi
tahap perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi . Teknik
pengumpulan data berupa tes, observasi serta kuisioner angket. Data
hasil belajar kognitif dianalisis menggunakan uji paired t-test,
sedangkan afektif dan motivasi belajar siswa dianalisis secara deskriptif
dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data sebagai
berikut : 1) Keterlaksanaan pembelajaran meningkat sebesar 92%
dengan kategori sangat baik. 2) Hasil belajar kognitif siswa dengan nilai
rata-rata sebesar 83 dengan ketuntasan klasikal 100% dan afektif siswa
sebesar 81,2% dengan kategori sangat tinggi. 3). Motivasi belajar siswa
mengalami peningkatan sebesar 83,7% dengan kategori sangat tinggi.
Kata kunci: Make a Match, Kartu Tazos, PTK, Hasil Belajar, Motivasi