Abstract :
Pemahaman siswa terhadap konsep IPA tidak hanya dibangun
dengan metode konvensional seperti ceramah. Akan tetapi harus
didukung oleh adanya media pembelajaran. Oleh karena itu,
dikembangkan media pembelajaran monopoli sains yang disesuaikan
dengan karakter siswa di Sekolah Dasar. Tujuan dari penelitian ini
adalah: (1) mengetahui kelayakan media; (2) keterlaksanaan
pembelajaran; (3) perbedaan hasil belajar; dan (4) respon siswa.
Penelitian dilakukan di SDN Pragaan Laok I dengan jenis Research and
Development. Instrumen yang digunakan berupa: (1) validasi ahli; (2)
pengamatan keterlaksanaan pembelajaran; (3) tes pilihan ganda; dan (4)
angket respon siswa. Teknik analisis data menggunakan uji T
berpasangan. Kelayakan media terlihat dari hasil validasi ahli media dan
materi mendapatkan persentase rata-rata 90 % dengan kategori sangat
layak. Keterlaksanaan pembelajaran menunjukkan persentase 69-91% .
Hasil belajar siswa menunjukkan adanya peningkatan setelah
menggunakan media permainan monopoli sains terlihat dari
meningkatnya rata-rata hasil belajar siswa dari 48,2 menjadi 79,8.
Sedangkan hasil respon siswa melalui angket menunjukkan respon yang
sangat positif dilihat dari persentase total diatas 90%.
Kata kunci: Media Pembelajaran, monopoli sains, dan hasil belajar