Abstract :
Kemajuan Iptek yang begitu pesat sangat mempengaruhi perkembangan
dalam dunia pendidikan terutama pendidikan IPA di Indonesia. Dengan
belajar pendidikan ilmu pengetahuan alam (IPA) dapat menjadi wahana
bagi peserta didik untuk mempelajari diri sendiri dan alam sekitar
dengan mengembangkan lebih lanjut dalam penerapannya kehidupan
sehari-hari . pretasi belajar yang rendah dari siswa perlu mendapatkan
penanganan yang serius dari lembaga pendidikan sehingga diperlukan
strategi pembelajaran yang tepat dan bervariasi untuk
meningkatkanhasil belajar IPA. Salah satunya yaitu pengaruh model
pembelajaran kooperatif melalui metode make a macth dipadukan
dengan diskusi terhadap prestasi belajar siswa di kelas VII SMPN 2
saronggi. Metode ini memberikan kesempatan kepada siswa untuk
saling memberikan pendapat atau pemikiran yang siswa miliki, Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan metode
diskusi melalui make a match terhadap hasil belajar siswa dan penelitian
ini dilaksanakan di SMPN 2 Saronggi. Jenis penelitian ini adalah
penelitian kuantitatif menggunakan quasi experimental design dengan
nonequivalent control group design. Teknik analisis data yang
digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa yaitu uji independent
samples test. Hasil penelitian yang diperoleh nilai rata-rata posttest di
kelas kontrol 64,67 dan kelas eksperimen 72,33. Berdasarkan hasil
independent samples test terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara
kelas kontrol dan kelas eksperimen dengan signifikansi 0,000, dengan
demikian dapat diketahui bahwa pengaruh model pembelajaran
kooperatif melalui metode make a macth dipadukan dengan diskusi
berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa.
Kata Kunci: Pembelajaran Diskusi, Make A Match, Prestasi Belajar