Institusion
Universitas Wiraraja
Author
Nurwulansari, Ranita Irsa
Subject
500 Natural Science and Mathematics
Datestamp
2020-06-25 02:43:59
Abstract :
Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) khususnya Biologi tidak terlepas
dari media dan bahan ajar, tujuan pembelajaran Biologi adalah agar
siswa dapat memahami, menemukan dan menjelaskan konsep-konsep,
prinsip-prinsip dalam Biologi. Tujuan tersebut akan tercapai salah
satunya dengan adanya minat baca namun permasalahan yang ada minat
baca siswa terhadap buku pelajaran rendah sehingga menyebabkan
prestasi belajar siswa juga rendah. Penelitian ini menggunakan jenis
penelitian pengembangan yang bertujuan untuk (1) mengetahui
kelayakan majalah bobo sains sebagai sumber belajar dalam
pembelajaran IPA (2) mengetahui keterlaksanaan pembelajaran
menggunakan majalah bobo Sains sebagai sumber belajar mata
pelajaran IPA, dan (3) mengetahui bagaimana minat membaca siswa
Gapura dengan menggunakan majalah bobo sains sebagai sumber
belajar. Desain penelitian ini pada tahap simulasi menggunakan one
group pretest-posttest dengan subjek sebanyak 10 orang kelas VIII dan
pada uji coba pemakaian produk memakai pretest-posttes control group
comparison dengan subjek sebanyak 35 siswa untuk kelas kontrol dan
35 siswa untuk kelas eksperimen. Hasil penelitian ini adalah (1) majalah
bobo sains yang dikembangkan layak digunakan sebagai sumber belajar
dilihat dari hasil validasi ahli yaitu 83% dengan kategori layak, (2)
keterlakasanaan selama proses pembelajaran antara kelas kontrol dan
kelas eksperimen kesesuaian antar pengamat yaitu sama sebesar 100%
dapat dipercaya, (3) terdapat perbedaan minat baca siswa kelas kontrol
dan kelas eksperimen menggunakan angket respon yaitu lebih tinggi
kelas eksperimen, dan (4) terdapat perbedaan prestasi belajar pada kelas
kontrol dan kelas eksperimen dan perbedaan tersebut sebesar 44%. Hal
ini menunjukkan bahwa majalah bobo sains mampu meningkatkan
minat baca dan prestasi belajar IPA kelas VII di SMPN 1 Gapura.
Kata kunci : Majalah, minat baca dan prestasi belajar.