Abstract :
Kurangnya motivasi dari orang tua maupun dari guru berakibat
rendahnya pengetahuan awal dan hasil belajar siswa. Maka dari itu perlu
dilakukan sebuah penelitian untuk mengetahui pengaruh antara motivasi
belajar, pengetahuan awal dan hasil belajar. Salah satu teknik untuk
menganalisis pengaruh dari ketiga variabel tersebut yaitu dengan
menggunakan teknik analisis Structural Equation Modeling Second
Order. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh antara
motivasi belajar, pengetahuan awal, dan hasil belajar. Jenis penelitian ini
adalah deskriptif kuantitatif. Metode pengambilan data menggunakan
purposive sampling. Instrumen penelitian pada pengetahuan awal dan
hasil belajar menggunakan instrumen tes dan motivasi belajar
menggunakan instrumen non tes (angket). Hasil penelitian yang
diperoleh adalah pengetahuan awal mempengaruhi motivasi belajar
sebesar 55.9%, pengetahuan awal mempengaruhi hasil belajar sebesar
47%, dan motivasi belajar tidak mempengaruhi hasil belajar.
Kata Kunci: Motivasi Belajar, Pengetahuan Awal, Hasil Belajar, SEM dan
Second Order