Abstract :
Proses pembelajaran IPA merupakan hasil kegiatan
manusia berupa pengetahuan, gagasan, dan konsep yang terorganisir,
tentang alam sekitar yang diperoleh dari pengalaman melalui
serangkaian proses ilmiah. Tujuan peneliti ini adalah (1) kererlaksanaan
pembelajaran dan (2) hasil belajar di SMPN 1 Ambunten kelas VII-C
dengan menggunakan dua siklus. Jenis penelitian tindakan kelas yang
dilaksanakan masing-masing siklus terdiri atas dua kali pertemuan
dengan alokasi waktu masing-masing pertemuan 2 x 40 menit. Analisis
data yang digunakan yaitu, (1) presentase keterlaksanaan dan (2) uji t
dua sampel berpasangan (paired sampel t-test). Hasil yang diperoleh
menunjukkan bahwa. (1) pada keterlaksanaan pembelajaran Problem
Based Learning termasuk pada kategori sangat baik dengan presentase
rata-rata sebesar 100%. Sedangkan (2) pada hasil uji t dua sampel
berpasanagn (paired sampel t-test) menunjukkan pada siklus I hasil
yang diperoleh sebesar 77,33 dan siklus II sebesar 86,67 dengan nilai
signifikan 0,000. Hal ini menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar
dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning.
Kata kunci: Problem Based Learning, hasil belajar