Abstract :
Pendidikan akuntansi merupakan sarana dalam penyampayan etika
akuntan, sehingga seorang akuntan pendidik perlu menerapkan etika tersebut
dalam segala hal yang berkenaan dengan kegiatan profesinya. Pada penelitian ini
bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang terbentuk terhadap etika akuntan
pendidik. Factor-faktor yang diteliti yaitu tanggung jawab profesi, kepentingan
publik, integritas, objektifitas, kompetensi dan kehati-hatian professional,
kerahasiaan, perilaku professional, standar teknis. Dengan menggunakan tekmnik
pengambilan sampel yaitu random sampling dengan 199 responden. Metode
anlisis yang digunakan meliputi: uji validitas, uji reliabilitas dan analisis factor.
Dimana berdasarkan hasil yang telah dilakukan didapat, bahwasanya dari
variabel-variabel yang diteliti hanya membentuk satu faktor yang kemudian faktor
tersebut diberi nama faktor etika akuntan pendidik dengan nilai Ieigenvalues
sebesar 68,796% and sisanya dijelaskan oleh variabel-variabel lain yang tidak
diuji. Sedangakan dari hasil uji korelasi yang didapat dari table component matrix
didapatkan bahwa dari semua variabel yang di uji memiliki korelasi yang cukup
tinggi. Dengan nilai component masing-masing yaitu variabel kompetensi dan
kehati-hatian sebesar 0.902, variabel integritas sebesar 0.876, variabel prilaku
profesional sebasar 0.875, variabel objektifitas sebesar 0.831, variabel
kepentingan publik sebesar 0.816, variabel tanggung jawab profesi sebesar 0.799,
variabel standart teknis sebesar 0.763 dan variabel kerahasiaan sebesar 0.762.
Kata Kunci: Etika, Akuntan Pendidik, Program Studi Akuntansi