Abstract :
Semakin maraknya unit-unit bisnis yang menerapkan praktik
pengungkapan CSR, sehingga perlu kiranya mengetahui factor-faktor
pengungkapan CSR itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
pengaruh factor size, profitabilitas dan leverage terhadap pengungkapan CSR.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan mengambil sampel
berupa perusahaan Bank Syariah yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia yaitu
sebanyak 8 bank syariah. Variable independen pada penelitian ini berupa size,
profitabilas dan laverage, sedangkan variable dependen dari penelitian ini yaitu
pengungkapan CSR. Teknik analisa data yang digunakan yaitu Analisis Statistik
Deskriptif, Uji Asumsi Klasik dan Uji Regresi Berganda.
Berdasarkan analisa data yang dilakukan, diperoleh hasil sebagai berikut:
dari variable yang diteliti yang berupa size, profitabilitas memiliki pengaruh yang
signifikan terhadap pengungkapann CSR sedangkan variabel laverage tidak
berpengaruh terhadap pengungkapan CSR sedangkan hasil uji f yang dilakukan
maka variable size, laverage dan profitabilitas berpengaruh signifikan terhadap
pengungkapan CSR.
Kata Kunci: Bank Syariah, CSR, Bursa Efek Indonesia (BEI)