Abstract :
Dalam menentukan harga jual perusahaan harus menerapkan penetapan
harga yang terjangkau dan sesuai agar perusahaan tersebut mampu bersaing
dengan perusahaan-perusahaan lainnya. Untuk menetapkan harga jual UD Moh
Rawi memperhitungkan berdasaran taksiran. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui penetapan harga jual produk yang diterapkan oleh usaha dagang UD
Moh Rawi, dan untuk mengevaluasi penetapan harga jual produk pada UD Moh
Rawi.
Jenis penelitian dalam penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif
dengan metode deskriptif. Sampel sumber data pada penelitian ini menggunakan
purposive sampling, dengan informan kunci sebanyak 1 orang dan informan
pendukung sebanyak 2 orang. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis
data reduction, data display, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa harga pokok produksi dan harga jual
produk yang diterapkan oleh pabrik masih berdasarkan taksiran. Harga jual yang
ditetapkan menurut pabrik sebesar Rp 20.343.6, harga jual tahu menurut metode
full costing Rp 21.086.4, sedangkan menurut metode variabel costing Rp
20.899.2.
Kata Kunci : Evaluasi, Harga Jual Produk, Metode Full Costing, Metode
Variabel Costing