Abstract :
Pada UPT. Wisata Lombang ialah data pengunjung yang didapat peneliti
disetiap bulannya tidak menentu terkadang mengalami penurunan disebabkan oleh
promosi yang kurang optimal, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis
Penerapan bauran promosi dalam upaya meningkatkan kunjungan wisatawan pada
UPT. Wisata Lombang. Bauran promosi akan menjadi pertimbangan bagi pihak
UPT. Wisata Lombang untuk meningkatkan kunjungan wisatawan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif.
Penelitian ini berusaha memecahkan masalah dengan menggambarkan
problematika yang terjadi. Sumber data dalam penelitian ini pada UPT. Wisata
Lombang menggunakan data primer. Data primer adalah sumber data yang
diperoleh secara lansung dari pihak UPT. Wisata Lombang.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan bauran promosi dalam
upaya meningkatkan kunjungan wisatawan pada UPT. Wisata Lombang yang
diterapkan yaitu dikategori kurang tepat karena tiga bauran promosi (periklanan,
penjualan promosi dan hubungan masyarakat) tidak optimal dan dua bauran
promosi (penjualan personal dan pemasaran langsung) tidak diterapkan, namun
alasan tidak terlaksananya bauran promosi secara tepat yaitu dana yang terbatas.
Kata Kunci : Periklanan, Promosi Penjualan, Hubungan Masyarakat, Penjualan
Personal, Pemasaran Langsung.