Abstract :
Adanya persaingan yang ketat antara bank terjadi perubahan dalam bisnis
perbankan. Perubahan ini disebabkan adanya perubahan persepsi nasabah,
teknologi, dan adanya pesaing, baik antara bank maupun dari perusahaan
keuangan non bank lainnya, yang mengharuskan bank mengembangkan strategi
pertahanan untuk menghindari kehilanagan nasabah. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui dan menganalisis secara parsial dan secara simultan pengaruh
kualitas pelayanan, komitmen dan kepercayaan terhadap kepuasan nasabah pada
Bank BPRS Bhakti Sumekar kantor cabang Dasuk Kabupaten Sumenep.
Peneliian ini dilakukan terhadap nasabah Bank BPRS Bhakti Sumekar Kantor
Cabang Dasuk dengan menggunakan metode Incidental Sampling dan diperoleh
80 responden yang menjadi sampel penelitian. Teknik pengujian yang digunakan
dalam penelitian ini adalah pengujian regresi linier berganda. Metode
pengumpulan data diperoleh melalui wawancara dan kuesioner (angket).
Hasil pengujian menunjukkan bahwa secara parsial variabel kualitas pelayanan
dan komitmen berpengaruh terhadap kepuasan nasabah, sedangakan kepercayaan
seacara parsial tidah berpengaruh terhadap kepuasan nasabah. Secara simultan
variabel kualitas pelayanan, komitmen dan kepercayaan secara bersama-sama
berpengaruh terhadap kepuasan nasabah .
Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Komitmen, Kepercayaan, Kepuasan.