Abstract :
Perusahaan ini bergerak dalam bidang usaha jasa TV berlangganan yang
pada dasarnya bertujuan untuk memberikan kemudahan layanan informasi terbaik
bagi pelanggannya, hingga saat ini tetap eksis dalam dunia persaingan, tentunya
Untuk mencapai hal tersebut, PT Sumekar Multivision menggunakan potensi yang
ada agar tetap bertahan dalam bisnis yang digelutinya di masa mendatang.
Berdasarkan hasil observasi awal saya mempunyai pendapat atau pandangan
mengenai perusahaan PT Sumekar Multivision tentang laporan keuangannya yang
masih terdapat beberapa kekurangan yang menurut pendapat penulis masih belum
mencapai kaedah dan norma laporan keuangan. Meskipun secara umum
pendapatan yang diterima perusahaan dengan jumlah pelanggan tergolong sehat.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian Kuantitatif Deskriptif.
Kuantitatif deskriptif adalah suatu analisis data yang diperoleh dengan cara terjun
langsung pada objek penelitian, data yang dikumpulkan berupa angka-angka dan
kemudian di olah dan dianalisis untuk mendapatkan gambaran mengenai masalah
yang akan di teliti, kemudian menarik kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Manajemen kas pada PT. Sumekar
Multivision sudah optimal, dimana saldo minimal kas yang harus disediakan
perusahaan sudahdapat dipenuhi. Hal ini dapat dilihat dari adanya peningkatan
jumlah kas di perusahaan selama tiga tahun terakhir dan memenuhi standart
umum yaitu tidak kurang dari 5 % dari total aktiva lancar. Besarnya rasio
likuiditas perusahaan belum seluruhnya memenuhi standart yang di tetapkan.
Adapun current ratio tahun 2014- 2016 masing-masing 52,69%, 72,66%, 130%
belum memenuhi standart karena masih dibawah standart 200%. Adapun quick
ratio tahun 2014, dan 2015 masing-masing 52,69%, dan 72,66% belum memenuhi
standart 100%, sedangkan untuk tahun 2016 sebesar 130% sudah memenuhi
standart. Adapun cash ratio tahun 2014, 2015, dan 2016 masing-masing 24,69%,
28,66%, dan 53,3% masih belum mencapai standart 100%. Hal ini menunjukkan
bahwa likuiditas perusahaan masih belum baik, namun dilihat dari peningkatan
angka likuiditas setiap tahunya maka perusahaan sudah mengalami peningkatan.
Kata Kunci : Manajemen Kas, Likuiditas, Cash Ratio