Abstract :
Produktivitas kerja merupakan kemampuan seseorang dalam
menghasilkan kerja yang lebih banyak dibandingkan dengan biasanya.
Produktivitas bisa dikatakan perbandingan antara hasil yang dicapai (output)
dengan keseluruhan sumber daya manusia yang dibutuhkan (input). Maksud dari
produktivitas itu sendiri adalah kemampuan pegawai dalam menghasilkan
produksi (output)dibandingkan dengan sumber daya manusia yang digunakan
(input). Seorang pegawai bisa dikatakan produktif apabila berkemampuan
menghasilkan barang atau jasa sesuai dengan yang ditentukan oleh suatu
organisasi dalam waktu yang cepat dan tepat.
Penelitian ini dilakukan di Kantor Kecamatan Manding Sumenep yang
merupakan organisasi pemerintahan yang ada di Sumenep yang menggunakan
metode purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian
ini adalah analisis data deskriptif kualitatif kemudian disatukan dengan tiga
kegiatan yaitu Reduksi Data, Sajian Data, Penarikan Simpulan/Verifikasi.
Kebijakan pemimpin dikantor Kecamatan Manding adalah dengan
mengikuti pendidikan dan pelatihan, motivasi kerja, disiplin kerja, moral kerja,
team work (kerjasama), dan kompensasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
kebijakan-kebijakan tersebut dapat meningkatkan produktivitas kerja pegawai
pada kantor Kecamatan Manding sehingga tugasnya bisa di selesaikan dengan
baik dan tepat waktu.
Kata Kunci: Kebijakan Pemimpin, Produktivitas Kerja