Abstract :
Biro Reklame dan Percetakan Dua Warna Kabupaten Sumenep adalah
sebuah percetakan yang paling tertua diantara percetakan yang lainnya yang ada
di Kabupaten Sumenep berdiri dari tahun 1983. Percetakan ini memiliki 6 orang
staf, 5 orang karyawan . Semua karyawan terdiri dari laki-laki dan perempuan.
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh variabel lokasi dan
kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan. Dan sampel yang diambil dari
penelitian ini sebanyak 90 responden, dengan menggunakan metode pengambilan
sampel purposive sampling.
Tujuan dari penilitian ini adalah Untuk mengetahui dan menganalisis
pengaruh lokasi dan kualitas pelayanan secara parsial terhadap loyalitas pelanggan
pada Percetakan Dua Warna di Kabupaten Sumenep. Kedua Untuk mengetahui
dan menganalisis pengaruh lokasi dan kualitas pelayanan secara simultan terhadap
loyalitas pelanggan pada Percetakan Dua Warna di Kabupaten Sumenep.
Hasil penelitian ini adalah bahwa secara parsial variabel lokasi dan
kualitas pelayanan berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan. Sedangkan secara
simultan variabel independen sama-sama mempengaruhi variabel dependen. Dari
hasil penelitian tersebut diharapkan dapat bermanfaat bagi semua pihak.
Kata Kunci : Loyalitas pelanggan, lokasi, kualitas pelayanan