Abstract :
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan adanya kendala yang
dialami oleh nasabah dalam mengambil pembiayaan pada bank syariah di
Sumenep, seperti halnya perhitungan angsuran perbulannya dan pelunasan yang
hendak dilakukan oleh nasabah tersebut, sehingga dengan adanya permasalhan
tersebut menyebabkan nasabah sala mempersepsikan pendapatnya pada bank
tersebut.
Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian penelitian kualitatif.
Kualitatif disini adalah penelitian yang dilakukan untuk menyelesaikan
permasalahan berdasarkan fenomena yang ada saat ini. Dengan adanya tujuan itu,
maka penelitian yang dilakukan saat ini lebih cocok dilakukan dengan penelitian
kualitatif. Penelitian ini menggunakan informan berupa narasumber yaitu nasabah,
terdapat dua nasabah yang menjadi informan kunci dalam penelitian ini, kedua
nasabah tersebut melakukan pembiayaan berupa pinjaman modal atau uang untuk
kepentingan tertentu dengan menggunakan akad murabahah. Dan sumber data
didapatkan dari nasabah tersebut.
Hasil dari penelitian ini yaitu dalam melakukan aktifitas pada bank tersebut
terdapat masalah yang menyebabkan nasabah memiliki persepsi. Akan tetapi
dalam hal ini pihak bank tidak dapat disalahkan sepenuhnya, karena mereka
memiliki prosedur berupa akad diawal melakukan pembiayaan. Kemungkinan
juga pihak nasabah yang kurang mengerti prosedur bank sehingga mengalami
kendala. Dari adanya permasalahan tersebut terjadilah kesalahpahaman antara
kedua pihak, yaitu pihak nasabah dan pihak bank dan pihak nasabah salah
mempersepsikan anggapan mereka, disebabkan juga adanya salah komunikasi.
Kata Kunci : Persepsi, Pembiayaan, Bank syariah