Abstract :
Sekolah Dasar (SD) sebagai satuan pendidikan tingkat dasar yang
merupakan fondasi untuk tingkat pendidikan selanjutnya. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui Analisis Pendidikan dan Pelatihan dalam meningkatkan kinerja
guru di SDN Kolor II Kabupaten Sumenep dan tindak lanjut hasil dari Analisis
Pendidikan dan Pelatihan dalam meningkatkan kinerja guru di SDN Kolor II.
Objek dalam penelitian ini adalah SDN Kolor II Kabupaten Sumenep.
Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi,
wawancara dan dokumentasi. Jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian
kualitatif.
Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa Pendidikan dan Pelatihan dalam
meningkatkan kinerja guru di SDN Kolor II Kabupaten Sumenep belum
sepenuhnya menerapkan pendidikan dan pelatihan ke semua guru di SDN Kolor
II. Hal ini dibuktikan dengan pernyataan yang tidak mengikutsertakan guru NonPNS. Setelah dievaluasi guru tersebut sejauh ini dikatakan mampu melaksanakan
tugas dan tanggung jawabnya karena sudah dibekali pendidikan yang dimiliki dan
belajar ke setiap guru yang pernah mengikuti diklat di Dinas Pendidikan. Guru
yang mengikuti diklat sesuai dengan penunjukan kepala sekolah dan di data lebih
awal oleh Dinas Pendidikan. Tetapi untuk cepat memahami materi yang
diberikan tersebut harus sesuai dengan bidang yang dikuasainya dan apabila
masih terdapat guru yang masih belum memahami, maka guru tersebut harus
mempelajari kembali.
Kata Kunci: Analisis, Pendidikan, dan Pelatihan Guru