Abstract :
Pariwisata yang ada di Jawa Timur khususnya di Kabupaten Sumenep
tidak kalah menariknya dengan wisata-wisata yang ada dikota atau daerah lain.
Keindahan pariwisata yang ada di Kabupaten Sumenep tidak dapat dipungkiri
lagi, sebab banyak wisata-wisata alam yang indah seperti wisata pantai, salah
satunya Pantai Slopeng dan pada Tahun 2018 Pemerintah Kabupaten Sumenep
melalui Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda Dan Olahraga melaksanakan
program visit years sumenep 2018. Dalam mensukseskan program tersebut
tentunya perlu dukungan dari semua elemen masyarakat dan pengelola tempat
wisata, termasuk wisata pantai slopeng. Untuk menghadapi visit years sumenep
tentunya wisata pantai slopeng melakukan strategi pemasaran agar bisa bersaing
dengan tempat wisata yang ada di sumenep. Jenis penelitian yang digunakan
adalah dekriptif kualitatif dengan menggunakan satu informan kunci, satu
informan utama, dan tiga informan pendukung. Tujuan penelitian ini yaitu untuk
mengetahui strategi pemasaran (produk, price, place, promotion, people) wisata
pantai slopeng. Teknik analisis data yang digunakan, reduksi data, penyajian data,
penarikan kesimpulan, matrik SWOT.
Hasil penelitian menunjukkan strategi pemasaran (produk, price, place,
promotion, people) wisata pantai slopeng dalam menghadapi visit years sumenep
2018 ialah produk yang ada seperti fasilitas ayunan, gazebo, dan sebagainya.
Harga tiket masuk Rp. 5000 untuk wisatawan lokal dan Rp. 10.000 untuk
wisatawan asing. Untuk menuju tempat wisata pengelola pantai lopeng telah
bekerjasama dengan dishub untuk memasang papan nama penunjuk arah.
melakukan promosi, mengagendakan beberapa acara ditahun 2018. Untuk
karyawan yang ada di wisata pantai slopeng sudah cukup baik karena ada yang
sudah sarjana sehingga akan berpengaruh terhadap pelayanan yang diberikan.
Kata Kunci : Strategi, Pemasaran, produk, price, place, promotion, people, Visit
Years Sumenep 2018
.