Abstract :
SMA/SMK Negeri Kabupaten Sumenep merupakan Unit Pelaksana Teknis
(UPT) terbanyak oleh karena itu membutuhkan kinerja pengendalian internal yang
baik, dimana akan mempengaruhi pengelolaan keuangan pada dinas pendidikan.
Untuk menunjang kinerja pengelola keuangan dapat terlihat dari pengalaman
kerja, efektifitas pengelolaan dana pendidikan, governance, gender, tingkat
pendidikan, masa kerja, usia, dan latar belakang pendidikan, kinerja pengelola
keuangan yang ada di sekolah.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan survei,
sampel dalam penelitian ini terdapat 77 responden. Metode pengumpulan data
melalui kuesioner langsung dan wawancara kepada manajemen keuangan bagian
bendahara, kepala sekolah, bendahara BOS, DIK bendahara, panitia bendahara,
dan ketua komite SMA/SMK Negeri Kabupaten Sumenep.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengalaman kerja memiliki pengaruh
terhadap kinerja pengelola keuangan, efektifitas pengelolaan dana pendidikan
memiliki pengaruh terhadap kinerja pengelola keuangan, governance memiliki
pengaruh terhadap kinerja pengelola keuangan, gender memiliki pengaruh
terhadap kinerja pengelola keuangan, tingkat pendidikan tidak memiliki pengaruh
terhadap kinerja pengelola keuangan, masa kerja tidak memiliki pengaruh
terhadap kinerja pengelola keungan, usia memiliki pengaruh terhadap kinerja
pengelola keuangan, latar belakang pendidikan tidak memiliki pengaruh terhadap
kinerja pengelola keuangan. Pengalaman kerja, efektifitas pengelolaan dana
pendidikan, governance, gender, tingkat pendidikan, masa kerja, usia, dan latar
belakang pendidikan berpengaruh secara simultan terhadap kinerja pengelola
keuangan.
Kata Kunci : Pengalaman kerja, Efektifitas pengelolaan dana pendidikan,
Governance, Gender, Tingkat Pendidikan, Masa Kerja, Usia, Latar Belakang
Pendidikan, Kinerja Pengelola Keuangan.