Abstract :
Banyaknya konflik masyarakat dengan perusahaan yang diberitakan
beberapa media seperti eksploitasi oleh perusahaan yang mengakibatkan banyak
tanah pertanian menjadi tidak layak tanam, ikan-ikan mati akibat limbah pabrik
yang dibuang di laut sehingga nelayan mengalami kerugian dan tidak bisa
menangkap ikan, fenomena di kota besar seperti perusahaan dengan gedung
bertingkat-tingkat namun disekitarnya terdapat rumah tidak layak huni dengan
segala permasalahan kesehatannya, mengindikasikan bahwa implementasi CSR
belum menjadi perhatian utama perusahaan sebagai salah satu bentuk kepedulian
kepada sesama.Hubungan yang baik itu tentunya diharapkan mampu membantu
menciptakan keseimbangan antara perusahaan,masyarakat, dan lingkungan,
sehingga dapat dijadikan salah satu strategi untuk meningkatkan minat,
kepercayaan, dan loyalitas masyarakat terhadap perusahaan
Penelitian ini dilakukan terhadap masyarakat dengan menggunakan
metode wawancara, observasi dan dokumentasi dan diperoleh 4 orang menjadi
informan kunci penelitian. Dan 2 orang menjadi informan pendukung penelitian.
Teknik pengujian yang digunakan dalam penelitian ini adala kualitatif.
Hasil penelitian menunujukkan persepsi masyarakat terhadap mengenai
persepsi didapatkan bahwa nilai tertinggi pada faktor kesamaan program dan
keyakinan terhadap tujuan dari program tersebut. Sedangkan harapan terbesar
adalah bisa sama-sama berguna untuk masyarakt dan bisa membantu usaha atau
perekonomian masyarakat
Kata Kunci : Persepsi, CSR