Abstract :
Berkembangnya pusat-pusat perbelanjaan saat ini diikuti juga munculnya
tempat-tempat perbelanjaan modern yang salah satunya di Mini Market Alfamart,
Indomaret dan lain sebagainya yang ingin memenuhi keinginan dan kebutuhan
konsumennya. Harga merupakan salah satu unsur yang mempengaruhi kegiatan
dalam perusahaan untuk menciptakan keunggulan yang kompetitif bagi
perusahaan. Penetapan harga yang dilakukan oleh perusahaan harus disesuaikan
dengan situasi lingkungan sekitar dan perubahan yang terjadi terutama pada saat
persaingan yang semakin ketat dan permintaan yang terbatas. Promosi kualitas
produk yang ditawarkan dengan harga yang kompetitif dan juga didukung dengan
fasilitas menjadi modal utama perusahaan untuk menarik minat beli konsumen.
Konsumen juga memilih tempat yang akan mereka kunjungi, tempat yang
strategis juga mempengaruhi minat beli konsumen misalnya lokasi perusahaan
mudah dijangkau dan dekat dengan rumah konsumen. Pelayanan konsumen yang
baik dan memuaskan merupakan misi utama bagi sebuah swalayan dimana
kepuasan konsumen menjadi sorotan utama bagi banyak perusahaan-perusahaan
dalam memutuskan strategi untuk memenangkan persaingan.
Penelitian ini dilakukan terhadap Swalayan Arafahmart dengan
menggunakan metode probability sampling dan diperoleh 90 konsumen yang
menjadi sampel penelitian. Teknik pengujian yang digunakan dalam penelitian ini
adalah pengujian regresi linier berganda.
Hasil penelitian menunjukkan secara parsial dan simultan harga, promosi,
lokasi dan kualitas pelayanan berpengaruh terhadap keputusan pembelian
konsumen.
Kata Kunci : Harga, Kualitas Pelayanan, Keputusan Pembelian, Lokasi, Promosi