Abstract :
Ada banyak faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam
memilih dan menentukan rumah kost. Salah satunya ialah lingkungan, harga, dan
fasilitas. Hal tersebut takan berpengaruh terhadap kemajuan di dalam jasa
penyewaan rumah kost. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui
pengaruh lingkungan, harga, dan fasilitas secara parsial maupun secara simultan
terhadap keputusan konsumen dalam memilih dan menentukan rumah kost.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah
seluruh penghuni rumah kost di Desa Gedungan Kecamatan Batuan Kabupaten
Sumenep yang berjumlah 105 orang.Teknik pengambilan sampel dilakukan
dengan metode Probability sampling/purposive sampling yang kemudian
menggunakan rumus slovin diperoleh sampel sebesar 83orang.Teknik analisis
data menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa secara simultan lingkungan, harga, dan fasilitasberpengaruh terhadap
keputusan konsumen. Secara parsial, lingkungan, harga, dan fasilitas juga
berpengaruh terhadap keputusan konsumennya.Hal ini menunjukkan bahwa ketiga
variabel tersebut menjadi faktor penting untuk menarik konsumen sebagai
penghuni rumah kost dan kemajuan rumah kost itu sendiri.
Kata kunci :lingkungan, harga, fasilitas, keputusan konsumendan sumenep