Abstract :
Setiap orang mempunyai sikap yang berbeda terhadap suatu obyek yang sama.
Perusahaan berusaha untuk memuaskan konsumen dengan cara memenuhi
kenyataan sesuai dengan yang diharapkan semakin berkembangnya wisata
menuntut adanya perubahan dalam strategi pemasaran berupa iklan dan promosi
untuk mempengaruhi konsumen (Wisatawan) berkujung ke wisata pantai
Sembilan gili genting sumenep. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor
apa yang paling berpengaruh dalam pemilihan wisata pantai Sembilan Gili
Genting Sumenep.
Penelitian ini dilakukan di wisata Pantai Sembilan Gili Ginting Sumenep dengan
teknik pengambilan sampel menggunakan Incidental Sampling, sebanyak 75
Responden. Teknik analisis data yang digunakan didalam penelitian ini
menggunakan Uji Validitas, Uji Reabilitas, Uji Asumsi Klasik, Regresi Linier
Berganda dan Uji Hipotesis.
Hasil Y = 2,818 + 0,643 X1 ? 0,317 X2 + 0,314 X3 + 0,240 X4 + e dari penelitian
ini menunjukkan bahwa variabel Faktor Kebudayaan, Faktor Pribadi dan Faktor
Psikologis berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumen, dan Faktor Sosial
berpengaruh negatif dan signifikan terhadap perilaku konsumen. Dari hasil secara
simultan, diketahui bahwa variabel Faktor Kebudayaan, Faktor Sosial, Faktor
Pribadi dan Faktor Psikologis sama-sama memiliki pengaruh terhadap perilaku
konsumen.
Kata Kunci: Faktor Kebudayaan, Faktor Sosial, Faktor Pribadi, Faktor
Psikologis dan Perilaku Konsumen