Abstract :
Kualitas pelayanan, lokasi dan kepercayaan nasabah merupakan elemen
penting bagi konsumen atau nasabah dalam menentukan kepuasan yang dirasakan
oleh nasabah. Diketahui bahwa di Kantor Cabang Utama BMT NU Gapura,
banyak nasabah yang berhenti melakukan transaksi di BMT NU, salah satu
alasannya karena pelayanan yang didapat oleh nasabah sedikit dirasa kurang baik,
sehingga nasabah merasa kurang puas. Disamping itu, lokasi dan kepercayaan
nasabah juga memiliki peran penting dalam menentukan kepuasan nasabah.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, lokasi dan
kepercayaan terhadap kepuasan nasabah di Kantor Cabang Utama BMT NU
Gapura.
Penelitian ini dilakukan di Kantor Cabang Utama BMT NU Kecamatan
Gapura, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive
Sampling, sebanyak 100 responden. Teknik analisis data yang digunakan didalam
penelitian ini adalah menggunakan uji validasi, uji reliabilitas, asumsi klasik,
regresi berganda, dan uji hipotesis.
Hasil Y = 3,419 + 0,179 X1 + 0,180 X2 + 0,250 X3 + e dari penelitian ini
menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan, lokasi dan juga kepercayaan
memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan nasabah. Dari hasil secara
simultan, diketahui bahwa variabel kualitas pelayanan, lokasi dan kepercayaan
sama ? sama memiliki pengaruh terhadap kepuasan nasabah.
Kata kunci : Kualias Pelayanan, Lokasi, Kepercayaan dan Kepuasan
Nasabah