Abstract :
Strategi pemasaran adalah salah satu cara memenangkan keunggulan bersaing
yang berkesinambungan baik itu untuk perusahaan yang memproduksi barang
atau jasa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan
starategi UMKM dalam meningkatkan daya saing di Industri Mebel.
Penelitian ini dilakukan terhadap perusahaan Mebel UD ?Sahabat? di Desa
Karduluk, Kecamatan Pragaan, Kabupaten Sumenep, yaitu suatu perusahaan yang
bergerak di bidang mebel. Teknik Pengambilan sample adalah menggunakan
teknik Non probability sampling, dengan metode Porposive sampling, artinya
sampel yang diperoleh dn ditentukan oleh peneliti sendiri dengan kriterian tertentu.
Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi,
wawancara dan dokumentasi.
Dalam mendeskripsikan hasil penelitian digunakan matrik SWOT dengan
menganalisis faktor internal dan eksternal yang dilakukan dengan memberikan
gambaran umum menegenai kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang
dimiliki oleh industri mebel.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi UMKM yang diterapkan oleh
UD ?Sahabat? adalah menggunakan strategi bauran pemasaran (marketing mix)
yaitu: produk, harga, tempat dan promosi.
Kata kunci : Bauran pemasaran, analisis SWOT