DETAIL DOCUMENT
Analisis Strategi UMKM untuk meningkatkan daya saing (studi Pada Mebel UD “SAHABAT” Desa Karduluk Kecamatan Pragaan Kabupaten Sumenep)
Total View This Week0
Institusion
Universitas Wiraraja
Author
Sufyan, Sufyan
Subject
658- Manajemen 
Datestamp
2022-12-09 03:31:44 
Abstract :
Strategi pemasaran adalah salah satu cara memenangkan keunggulan bersaing yang berkesinambungan baik itu untuk perusahaan yang memproduksi barang atau jasa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan starategi UMKM dalam meningkatkan daya saing di Industri Mebel. Penelitian ini dilakukan terhadap perusahaan Mebel UD ?Sahabat? di Desa Karduluk, Kecamatan Pragaan, Kabupaten Sumenep, yaitu suatu perusahaan yang bergerak di bidang mebel. Teknik Pengambilan sample adalah menggunakan teknik Non probability sampling, dengan metode Porposive sampling, artinya sampel yang diperoleh dn ditentukan oleh peneliti sendiri dengan kriterian tertentu. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam mendeskripsikan hasil penelitian digunakan matrik SWOT dengan menganalisis faktor internal dan eksternal yang dilakukan dengan memberikan gambaran umum menegenai kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang dimiliki oleh industri mebel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi UMKM yang diterapkan oleh UD ?Sahabat? adalah menggunakan strategi bauran pemasaran (marketing mix) yaitu: produk, harga, tempat dan promosi. Kata kunci : Bauran pemasaran, analisis SWOT 
Institution Info

Universitas Wiraraja