Abstract :
Kepuasan merupakan perasaan senang atau kecewa seseorang yang timbul
karena membandingkan kinerja yang dipersepsikan produk (atau hasil) terhadap
ekspektasi mereka. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh fasilitas,
kualitas pelayanan dan harga tiket terhadap kepuasan penumpang Bus Akas
jurusan Sumenep-Surabaya di Terminal Aryawiraraja Kabupaten Sumenep.
Penelitian ini dilakukan terhadap Bus Akas jurusan Sumenep-Surabaya di
Terminal Aryawiraraja Kabupaten Sumenep dengan menggunakan metode
purposive sampling dan di peroleh 80 penumpang atau responden yang menjadi
sampel penelitian. Teknik pengujian yang digunakan dalam penelitian ini adalah
pengujian regresi linier berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara bersama-sama (simultan)
fasilitas, kualitas pelayanan dan harga tiket berpengaruh terhadap kepuasan
penumpang. Secara parsial, fasilitas, kualitas pelayanan dan harga tiket
berpengaruh positif terhadap kepuasan penumpang dan dari ketiga variabel yang
mempunyai pengaruh yang paling dominan yaitu harga tiket terhadap kepuasan
penumpang.
Kata Kunci : fasilitas, kualitas pelayanan, harga tiket, kepuasan penumpang