Abstract :
Promosi merupakan salah satu bauran pemasaran yang digunakan oleh
lembaga atau perusahaan untuk mengadakan komunikasi dengan pasarnya.
Promosi juga dikatakan sebagai proses berlanjut, karena dapat menimbulkan
rangkaian kegiatan selanjutnya bagi lembaga atau perusahaan. Pemasaran kota
atau daerah melalui City Branding yaitu ?The Soul Of Madura? merupakan
langkah pemasaran dalam merencanakan target pasar terhadap potensi Kabupaten
Sumenep. City Branding memiliki tujuan dimana kota/wilayah ingin mendapatkan
peningkatan suatu perekonomian melalui sektor pariwisata untuk menarik minat
wisatawan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Promosi, City
Branding, Daya Tarik Wisata, dan Lokasi terhadap Minat Wisatawan Berkunjung
ke Kabupaten Sumenep. Penelitian ini dilakukan di Kabupaten Sumenep dengan
pengambilan sampel menggunakan Accidental Sampling dengan jumlah
responden sebanyak 100 orang. Pengujian dalam penelitian ini menggunakan
Analisis Regresi Linear Berganda dengan bantuan software SPSS versi 20.
Hasil penelitian menyatakan bahwa secara simultan Promosi, City
Branding, Daya Tarik Wisata, dan Lokasi berpengaruh positif terhadap Minat
Wisatawan Berkunjung. Sedangkan hasil penelitian secara parsial Promosi, City
Branding, Daya Tarik Wisata, dan Lokasi juga berpengaruh positif terhadap
Minat Wisatawan Berkunjung.
Kata Kunci : Promosi, City Branding, Daya Tarik Wisata, Lokasi dan Minat
Berkunjung