Abstract :
Permasalahan yang dihadapi siswa pada pembelajaran tematik terpadu yaitu 1) kegiatan
pembelajaran masih di dominasi dengan menggunakan metode ceramah; 2) kurangnya
kemampuan siswa dalam bertanya dan berpendapat; 3) kurangnya penerapan
pendekatan pembelajaran yang berpusat pada siswa. Dari beberapa masalah yang
dialami siswa pada kegiatan pembelajaran mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa
khusunya pada kemampuan komunikasi siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengetahui bagaimana penerapan pendekatan saintifik (scientific approach) pada
pembelajaran tematik terpadu dan untuk mengetahui pengaruh penerapan pendekatan
saintifik terhadap kemampuan komunikasi siswa pada pembelajaran tematik terpadu
kelas IVB MIN 2 Sumenep. Penelitian ini menggunakan jenis quasi eksperimental
design dengan bentuk nonequivalent control group design. Sampel dalam penelitian ini
terdiri dari dua kelas, yaitu kelas IVA dan kelas IVB. Kelas IVA sebanyak 24 siswa
sebagai kelas kontrol dan kelas IVB sebanyak 24 siswa sebagai kelas eksperimen.
Perlakuan yang diterapkan pada kelas eksperimen adalah pendekatan saintifik.
Langkah-langkah kegiatan pembelajaran dengan pendekatan saintifik dalam penelitian
ini adalah 1) Mengamati; 2) Menanya; 3) Mengumpulkan Informasi; 4) Mengolah
Informasi dan; 5) Mengomunikasikan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1)
penerapan pendekatan saintifik yang digunakan pada kelas eksperimen lebih efektif
dibandingkan dengan kelas kontrol; 2) penerapan pendekatan saintifik berpengaruh
secara signifikan terhadap kemampuan komunikasi siswa pada pembelajaran tematik
terpadu kelas IVB MIN 2 Sumenep. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji-t 2 Sampel
Bebas (Independent Samples t-Test). Dimana pada uji-t 2 sampel bebas (independen
sample t-test) diperoleh nilai 3,347 1,679, maka Ho ditolak dan Ha
diterima.
Kata kunci: Pendekatan Saintifik (scientific approach), Kemampuan Komunikasi.