Abstract :
Pelayanan pasien gawat darurat adalah pelayanan yang memerlukan pertolongan
segera yaitu cepat, tepat dan cermat untuk mencegah kematian dan kecacatan, atau pelayanan
pasien ga wat darurat memegang peranan yang sangat penting. Respon time atau waktu tanggap
merupakan salah satu indikator mutu pelayanan pasien gawat darurat. Tujuan penelitian untuk
mengetahui gambaran kecepatan respon time tenaga kesehatan dalam memberikan pelayanan
di UGD RSI Garam Kalianget tahun 2017.
Penelitian menggunakan desain adalah deskriptif. Variabel respon time dalam
memberikan pelayanan. Waktu penelitian adalah bulan Desember 2018 dalam waktu 2 minggu.
Instrumen penelitian adalah lembar observasi dengan sample 17 responden.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar Response Time responden
adalah > 5 Menit, yaitu sebanyak 9 responden ( 52,9% ). Faktor yang mempengaruhi response
time perawat tidak mudah untuk ditelusuri bersifat subjektif dan variatif. Objektifitas relatif faktor
yang mempengaruhi terhadap response time dapat ditelusuri dari karakteristik responden.
Sebagian besar response time tenaga kesehatan di RSI Garam Kalianget adalah
> 5 menit. Tenaga kesehatan di IGD RSI Garam kalianget harus memberikan pelayanan
keperawatan gawat darurat dengan meningkatkan orientasi kecepatan dan ketepatan pelayanan
gawat darurat sehingga dapat mencegah kecacatan dan kematian. IGD harus memfasilitasi perawat
dalam standar, prosedur, dan sarana pelayanan yang baik untuk menunjang respon time perawat
dalam memberikan pelayanan keperawatan gawat darurat.
Kata Kunci : Keperawatan Gawat Darurat - Response Time - Tenaga Kesehatan.