Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) menganalisis nilai return cost rasio
(R/C) pada produksi Lidi di daerah penelitian di daerah penelitian, (2)
menganalisis margin, share biaya, share keuntungan, (3) mengetahui efesiensi
pemasaran produksi lidi di daerah penelitian. Metode penelitian ini adalah
deskriptif dan kuantitatif. Metode penentuan daerah penelitian dilakukan dengan
metode purposive yaitu di desa Dapenda Kecamatan Batang-Batang Kabupaten
Sumenep. Data yang digunakan adalah data primer dan data skunder. Teknik
pengambilan data dilakukan dengan wawancara dan observasi. Hasil penelitian
menyimpulkan bahwa (1) R/C ratio pada produksi Lidi menunnjukkan nilai 1,2 >
1 maka usaha produksi Lidi di daerah penelitian efesien dan layak diusahakan, (2)
hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat dua saluran pemasaran pada produksi
Lidi yaitu, I petani ? pengepul/CV ? pedagang desa ? konsumen, II petani ?
pengepul/CV ? pedagang besar luar kota. Pada saluran I untuk pengepul ke
pedagang desa dengan nilai margin Rp. 500,00, share biaya pemasaran 32,00%,
share keuntungan 68,00% dan untuk pedagang desa ke konsumen dengan nilai
margin Rp. 500,00, share biaya pemasaran 20,00%, share keuntungan 80,00%.
Sedangakn untuk jalur pemasaran II yaitu dari pengepul ke pedagang besar luar
kota dengan nilai margin Rp. 1250, share biaya pemasaran 28%, share keuntungan
52,00%, (3) Saluran pemasaran I mempunyai nilai farmer?s share yang paling
rendah dan efesien dengan nilai 1,5% untuk pedagang desa, dan 2,7% untuk
pengepul. Sedangkan saluran pemasaran II diperoleh nilai farmer?s share teringgi
5,2% untuk pengepul.
Kata Kunci : produksi, lidi, efesiensi, margin, farmer?s share