Abstract :
Gadget merupakansalah satu alatyang memiliki teknologi yang canggih. Jadi
semua orang dapat dengan mudah berkomunikasi.Membangun kreatifitas anak
(Gadgetmemberikan beragam informasi yang juga bisa mendorong anak menjadi
lebih kreatif).Penggunaan gadget pada kalangan anak-anak digunakanuntuk alat atau
media pembelajaran untuk anak, membuka fitur-fitur yang dapat membantu dalam
proses belajar anak, tidakhanya digunakan untuk bermain game. Penggunaan
gadgetdikalangan anak-anak semakin memprihatinkan dan tentu memiliki dampak
negatif terhadap tumbuh kembang. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan
penggunaan gadget dengan perkembangan sosial dan emosional anak usia 4-6 tahun
di Kelurahan Pajagalan Kecamatan Kota Sumenep.
Penelitian ini merupakan penelitian analitik dengan pendekatan cross
sectional. Populasi dalam penelitian ini adalahSemua anak usia 4-6 tahun. Teknik
sampling menggunakan Purposive sampling sehingga sampel berjumlah 117
responden. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner tentang penggunaan gadget
dan perkembangan sosial dan emosional serta wawancara kepada orang tua dan anak.
Analisa data menggunakan ujichi squaredengan(? = 0,05).
Hasil penelitian menunjukkan, sebagian besar responden anak memiliki
penggunaan gadget yang tinggi, hampir seluruh responden anak memiliki
perkembangan sosial dan emosional yang termasuk mampu. Hasil analisa data
tentang penggunaan gadget dengan perkembangan sosial dan emosional didapatkan ?
(Value) = 0,197atau lebih besar dari (? = 0,05), artinya tidak ada hubungan yang
signifikan antara penggunaan gadget dengan perkembangan sosial dan emosional.
Diharapkan orang tua dapat membatasi anak dalam durasi penggunaan gadget
dan mengawasi kegiatan yang dilakukan pada anak saat bermain gadget. Orang tua
dapat mengalihkan perhatian bermain gadget dengan mengenalkan permainan
tradisional karena dapat menstimulasi untuk mengembangkan keterampilan emosi
terhadap anak.
Kata kunci : Penggunaan Gadget, Perkembangan Sosial dan Emosional