DETAIL DOCUMENT
Pengembangan LKS Pendekatan SETS Pada Pembelajaran Conneceted IPA Terpadu Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains
Total View This Week0
Institusion
Universitas Wiraraja
Author
Malinda, Raden Ajeng Siti Nur
Subject
370 Education 
Datestamp
2022-11-17 07:04:20 
Abstract :
Untuk mengoptimalkan pembelajaran diperlukan beberapa tahap, dimulai dari tahapan yang sederhana hingga pada tahapan yang sulit. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang dapat di ukur secara sistematis. Adanya LKS sebagai salah satu bahan ajar dapat membantu siswa untuk mendapatkan informasi tambahan terkait pembelajaran dengan pendekatan SETS. Pengembangan LKS ini bertujuan untuk 1) validitas LKS pendekatan SETS pada pembelajaran conneceted IPA terpadu. 2) respon guru terhadap LKS yang telah dikembangkan. Jenis penelitian ini termasuk peneilitian pengembangan atau Research and Development dengan menggunakan model penelitian pengembangan 4D (four D), akan tetapi penelitian ini hanya sampai pada 3 tahap yaitu (1) pendefinisian (define), (2) perancangan (design), dan (3) pengembangan (development). subjek penelitian pada guru IPA di MTs. Al-Mujahidin, kecamatan Rubaru Sumenep. Teknik pengumpulan data berupa angket. Teknik analisis data menggunakan analisis validitas LKS dan analisis respon guru. Hasil validasi produk dan respon guru terhadap pengembangan LKS dinyatakan valid dengan kategori baik. Dapat disimpulkan bahwa hasil pembelajaran yang hendak dicapai harus diberikan pendampingan berupa bahan ajar (LKS) yang memudahkan siswa dalam memahami apa yang akan diajarkan. LKS dapat membantu siswa untuk terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran sehingga dapat mengembangkan keterampilan proses sains. Kata kunci : SETS, connected IPA terpadu, keterampilan proses sains 
Institution Info

Universitas Wiraraja