Abstract :
Untuk mengoptimalkan pembelajaran diperlukan beberapa tahap, dimulai dari
tahapan yang sederhana hingga pada tahapan yang sulit. Hal ini bertujuan untuk
meningkatkan kualitas pembelajaran yang dapat di ukur secara sistematis. Adanya
LKS sebagai salah satu bahan ajar dapat membantu siswa untuk mendapatkan
informasi tambahan terkait pembelajaran dengan pendekatan SETS.
Pengembangan LKS ini bertujuan untuk 1) validitas LKS pendekatan SETS pada
pembelajaran conneceted IPA terpadu. 2) respon guru terhadap LKS yang telah
dikembangkan. Jenis penelitian ini termasuk peneilitian pengembangan atau
Research and Development dengan menggunakan model penelitian
pengembangan 4D (four D), akan tetapi penelitian ini hanya sampai pada 3 tahap
yaitu (1) pendefinisian (define), (2) perancangan (design), dan (3) pengembangan
(development). subjek penelitian pada guru IPA di MTs. Al-Mujahidin, kecamatan
Rubaru Sumenep. Teknik pengumpulan data berupa angket. Teknik analisis data
menggunakan analisis validitas LKS dan analisis respon guru. Hasil validasi
produk dan respon guru terhadap pengembangan LKS dinyatakan valid dengan
kategori baik. Dapat disimpulkan bahwa hasil pembelajaran yang hendak dicapai
harus diberikan pendampingan berupa bahan ajar (LKS) yang memudahkan siswa
dalam memahami apa yang akan diajarkan. LKS dapat membantu siswa untuk
terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran sehingga dapat mengembangkan
keterampilan proses sains.
Kata kunci : SETS, connected IPA terpadu, keterampilan proses sains