Abstract :
Permasalahan yang dialami oleh siswa kelas IX SMPN 5 Sumenep adalah (1)
petunjuk praktikum IPA belum memuat komponennya secara jelas dan lengkap,
(2) petunjuk praktikum yang digunakan di kelas IX belum diintegrasikan dengan
lingkungan masyarakat pesisir. Hal tersebut menjadikan proses pembelajaran
kurang bermakna bagi siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
kelayakan serta respon siswa terhadap petunjuk praktikum IPA berbasis
lingkungan masyarakat pesisir. Penelitian ini merupakan penelitian dan
pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model 4-D.
Instrumen pengambilan data yang digunakan terdiri dari instrumen kelayakan
produk dan instrumen respon siswa. Uji coba awal (Initial Testing) dilakukan
kepada 5 siswa dan uji coba kuantitatif (Quantitative Testing) dilakukan kepada
31 Siswa. Hasil kelayakan petunjuk praktikum IPA berbasis lingkungan
masyarakat pesisir dari hasil validasi aspek materi dan desain memperoleh ratarata persentase 100% dengan kategori sangat layak. Hasil respon siswa terhadap
petunjuk praktikum IPA berbasis lingkungan masyarakat pesisir memperoleh
persentase 95% dengan kategori sangat baik sehingga petunjuk praktikum IPA
berbasis lingkungan masyarakat pesisir sangat layak digunakan sebagai bahan ajar
untuk melaksanakan kegiatan praktikum.
Kata kunci: Petunjuk Praktikum, IPA, Pesisir, 4-D