Abstract :
Tata tertib belajar yang berlaku di SDN Angon-Angon II meliputi siswa
datang tepat waktu, berdoa bersama sesuai keyakinan masing-masing, membawa
buku dan alat tulis yang di perlukan untuk kelancaran kegiatan belajar mengajar.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Metode pengumpulan data yang
digunakan berupa Observasi, Wawancara, Dokumentasi dan Dokumen. Analisis
data dalam penelitian ini menggunakan teknik deskriptif kualitatif melalui reduksi
data (Data Reduction), penyajian data (Data Display) dan penarikan kesimpulan
(Conclusin drawing/verification). Uji keabsahan data dalam penelitian ini
menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik dan triangulasi waktu.
Maksud dari uji keabsahan data adalah data yang tidak berbeda antara data yang
diperoleh oleh peneliti dengan data yang terjadi sesungguhnya pada objek
penelitian sehingga keabhsahan yang telah disajikan dapat
dipertanggungjawabkan. Peneliti menggunakan bahan referensi dalam peneliatian
ini. Yang dimaksud referensi adalah pendukung untuk membuktikan data yang
telah ditemukan oleh peneliti. Hasil penelitian ini pola asuh yang terapkan orang
tua berbeda-beda, namun pada umumnya orang tua menerapkan pola asuh otoriter
dalam meningkatkan kedisiplinan anak, namun pada situasi dan kondisi tertentu
orang tua juga menerapkan pola asuh demokratis . adapun upaya yang dilakukan
orang tua dalam menanamkan kedisiplinan kepada anak dengan memberikan
contoh konkrit, karena sudah menjadi kewajiban orang tua untuk membina anak
supaya berprilaku baik.
Kata Kunci : Pola asuh, pembentukan kedisiplinan