Abstract :
Pengembangan media card reading materi unsur kalimat tunggal pada siswa kelas
III SDI Al-Hamidiyah poteran talango, melewati tahap validasi untuk mengetahui
kelayakan produk yang dikembangkan, dan mengkaji respon siswa terhadap
produk yang dikembangkan. Penelitian ini merujuk model pengembangan
Sugiyono yang terdiri dari 10 langkah pengembangan yang kemudian diadaptasi
oleh peneliti menjadi 7 langkah pengembangan, yang dimulai dari pencarian
potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi produk, revisi
desain, uji coba produk, dan revisi produk. Instrumen yang digunakan dalam
penelitian ini adalah lembar validasi desain media, materi, dan angket respon
siswa. Hasil validasi desain media mendapatkan persentase sebesar 77% dari ahli
desain media, validasi materi mendapatkan hasil persentase 78% dari ahli materi
yang termasuk kategori sangat sesuai dan tidak revisi, sedangkan hasil validasi
angket respon siswa mendapatkan persentase sebesar 100% dari ahli angket
respon yang termasuk kategori sangat baik. Tahap ujicoba produk menghasilkan
respon siswa dari 6 siswa kelas IV sekolah dasar sebagai subjek uji coba
penelitian. Hasil respon siswa menunjukkan kriteria sangat baik yaitu 97%.
Berdasarkan hasil penelitian, maka disimpulkan bahwa pengembangan media
pembelajaran card reading layak digunakan sebagai media pembelajaran karena
telah lulus validasi dan mendapatkan respon baik dari siswa.
Kata kunci: Kalimat Tunggal, Card Reading