Abstract :
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar
kognitif siswa antara model pembelajaran CIRC menggunakan metode mind
mapping dengan model pembelajaran CIRC menggunakan concept mapping; dan
untuk mengetahui perbedaan hasil belajar psikomotor siswa antara model
pembelajaran CIRC menggunakan metode mind mapping dengan model
pembelajaran CIRC menggunakan concept mapping. Penelitian ini merupakan
penelitian quasi experimental, dengan desain nonequivalent control group design.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata N-Gain score hasil belajar
kognitif siswa kelas eksperimen-1 adalah 74 sedangkan kelas eksperimen-2 adalah
64. Pada hasil belajar psikomotor, siswa kelas eksperimen-1 memiliki nilai ratarata 96 sedangkan kelas eksperimen-2 yakni 93. Kesimpulannya adalah siswa
kelas eksperimen-1 memiliki hasil belajar kognitif dan psikomotor yang lebih
tinggi dari pada siswa kelas eksperimen-2.
Kata kunci: CIRC, mind mapping, hasil belajar