DETAIL DOCUMENT
PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATA PELAJARAN IPA SESUAI KURIKULUM 2013
Total View This Week0
Institusion
Universitas Wiraraja
Author
Purnawan, Ach Bambang Eko
Subject
370 Education 
Datestamp
2022-11-16 07:17:30 
Abstract :
Keterampilan proses sains merupakan keterampilan kognitif dan psikomotor yang harus dilakukan penilaian secara periodik. Penilaian Kurikulum 2013 merupakan penilaian yang tidak hanya berfokus pada aspek pengetahuan dan sikap saja, namun juga berfokus pada aspek keterampilan. Hal tersebut perlu adanya penilaian keterampilan pada pembelajaran IPA. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengembangkan instrumen penilaian keterampilan proses sains pada mata pelajaran IPA sesuai Kurikulum 2013 pada kelas VII MTsN 1 Sumenep. Penelitian ini menggunakan model penelitian pengembangan 4D yang dikemukakan oleh (Thiagarajan,1974). Adapun instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen validasi keterampilan proses sains dan instrumen angket respon guru. Proses analisis data dalam penelitian ini meliputi analisis data hasil validitas instrumen keterampilan proses sains dan analisis data hasil angket respon guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validitas instrumen penilaian keterampilan proses sains sangat valid. Hasil validasi isi 98,43%, validasi bahasa sebesar 99,5%, dan validasi penyajian sebesar 96,87% dengan semua hasil validasi masuk kategori sangat valid. Hal tersebut dapat disimpulkan bahwa instrumen keterampilan proses sains yang dikembangkan valid dari aspek isi, bahasa dan penyajian. Hasil respon guru diperoleh dengan kategori sangat baik dengan hasil pada tahap initial testing (uji coba awal) sebesar 92% dan pada tahap quantitative testing (uji coba kuantitatif) sebesar 94%, sehingga dapat diartikan bahwa guru memberikan respon positif dan sangat baik terhadap instrumen penilaian keterampilan proses sains. Kata Kunci: Keterampilan proses sains, validasi, kurikulum 2013 
Institution Info

Universitas Wiraraja