Abstract :
Keterampilan proses sains merupakan keterampilan kognitif dan psikomotor yang
harus dilakukan penilaian secara periodik. Penilaian Kurikulum 2013 merupakan
penilaian yang tidak hanya berfokus pada aspek pengetahuan dan sikap saja,
namun juga berfokus pada aspek keterampilan. Hal tersebut perlu adanya
penilaian keterampilan pada pembelajaran IPA. Tujuan dari penelitian ini yaitu
untuk mengembangkan instrumen penilaian keterampilan proses sains pada mata
pelajaran IPA sesuai Kurikulum 2013 pada kelas VII MTsN 1 Sumenep.
Penelitian ini menggunakan model penelitian pengembangan 4D yang
dikemukakan oleh (Thiagarajan,1974). Adapun instrumen yang digunakan dalam
penelitian ini adalah instrumen validasi keterampilan proses sains dan instrumen
angket respon guru. Proses analisis data dalam penelitian ini meliputi analisis data
hasil validitas instrumen keterampilan proses sains dan analisis data hasil angket
respon guru.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa validitas instrumen penilaian
keterampilan proses sains sangat valid. Hasil validasi isi 98,43%, validasi bahasa
sebesar 99,5%, dan validasi penyajian sebesar 96,87% dengan semua hasil
validasi masuk kategori sangat valid. Hal tersebut dapat disimpulkan bahwa
instrumen keterampilan proses sains yang dikembangkan valid dari aspek isi,
bahasa dan penyajian. Hasil respon guru diperoleh dengan kategori sangat baik
dengan hasil pada tahap initial testing (uji coba awal) sebesar 92% dan pada tahap
quantitative testing (uji coba kuantitatif) sebesar 94%, sehingga dapat diartikan
bahwa guru memberikan respon positif dan sangat baik terhadap instrumen
penilaian keterampilan proses sains.
Kata Kunci: Keterampilan proses sains, validasi, kurikulum 2013