Abstract :
Kecerdasan emosional siswa kelas VI SDN Pananggungan mempunyai emosional
yang cukup baik. Dalam artian emosional yang berbeda-beda seperti belum bisa
mengenal emosi diri, mengelola emosi, memotivasi, mengenal emosi orang lain,
dan membina hubungan pada pembelajaran daring. sedangkan pembelajaran
daring berjalan cukup baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kecerdasan
emosional siswa kelas VI SDN Pananggungan pada pembelajaran daring selama
pandemi Covid-19. Penelitian ini diselesikan dengan teknik wawancaraa dan
dokumentasi, rekaman, dan triangulas. Adapun isntrumen yang digunakan dalam
penelitian ini adalah pedoman wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan data
yang diperoleh dapat diketahui bahwa kecerdasan emosional siswa kelas VI pada
pembelajaran daring dengan mengenal emosi, mengelola emosi, motivasi,
mengenal emosi orang lain dan membina hubungan dengan kategori rendah. Hasil
penelitian ini semakin baik kemampuan emosional siswa maka semakin baik
prestasi belajarnya.
Kata Kunci: Kecerdasan Emosional, Pembelajaran Daring