Abstract :
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dimana tujuannya adalah
untuk mengetahui strategi bimbingan belajar orang tua siswa, karena orang tua
bisa dikatakan pendidik utama bagi anaknya, oleh karena itu orang tua sangat
berperan penting dalam memberikan bimbingan belajar. Hasil penelitian ini
ditemukan berbagai macam strategi bimbingan belajar yang diberikan orang tua
siswa kepada anaknya dalam menghadapi ujian sekolah, dan disini ditemukan
juga kendala kendala yang membuat orang tua kurang dalam memberikan
bimbingan secara langsung, dalam hal ini menurut hasil wawancara dengan semua
orang tua siswa bahwa kendala yang dialami sebagian besar orang tua siswa
tersebut dalam memberikan bimbingan belajar secara langsubg ialah faktor
ekonomi keluarga yang sedikit sehingga mengharuskan orang tua siswa terbut
sibuk bekerja sehingga tidak ada waktu atau jarang dalam memberikan bimbingan
belajar secara langsung kepada anaknya. Data pada penyusunan tugas akhir ini
dikumpulkan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi.
Kata kunci: Strategi bimbingan belajar orang tua siswa