Abstract :
Ensiklopedia Sains ini disusun berdasarkan permasalahan yang
didapatkan dari kegiatan observasi. Berdasarkan hasil observasi, MTs. Sunan Giri
telah menerapkan kurikulum 2013, namun buku yang digunakan masih berbasis
KTSP. Siswa menyatakan bahwa mereka sulit memahami materi IPA, ketika
terdapat beberapa istilah/kata di buku pelajaran IPA yang belum dapat
dipahaminya. Siswa membutuhkan buku yang berisi uraian ringkas mengenai
suatu kata/istilah IPA, yang dilengkapi dengan adanya gambar berwarna dan isi
babnya tersusun urut berdasarkan abjad. Salah satu inovasi yang dapat dilakukan
melalui pengembangan sumber belajar berupa ensiklopedia sains. Jenis penelitian
ini termasuk penelitian dan pengembangan (R&D), Penelitian pengembangan ini
bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan respon siswa terhadap produk
ensiklopedia sains yang dihasilkan. Model penelitian yang digunakan ialah model
4D. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan menggunakan instrumen
penelitian, meliputi instrumen kelayakan materi, desain dan respon siswa. Analisis
data menggunakan analisis data kuantitatif. Hasil penialian kelayakan produk
dihasilkan data bahwa kelayakan aspek materi mendapat nilai sebesar 100%
dengan kategori sangat layak dan aspek desain mendapat nilai sebesar 100%
dengan kategori sangat layak. Hasil respon siswa mendapat nilai sebesar 97,2%.
Berdasarkan hasil penilaian kelayakan produk dan respon siswa dapat disimpulkan
bahwa ensiklopedia sains yang dihasilkan dinyatakan sangat layak dan sangat baik
untuk digunakan sebagai sumber belajar dalam proses pembelajaran IPA kelas
VIII SMP/MTs.
Kata Kunci : Ensiklopedia, Sains, 4D