Abstract :
Siswa kurang tertarik dan merasa bosan dengan pembelajaran yang cenderung
didominasi oleh guru serta kurang konsentrasi pada saat proses pembelajaran
berlangsung, hal ini disebabkan guru kurang memanfaatkan media permainan
yang menarik dan melibatkan keaktifan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk
menghasilkan produk media Petir 3D, mendeskripsikan dan untuk mengetahui
respon guru terhadap media Petir 3D. Pada penelitian ini menggunakan
pengembangan 4D dari Thiagarajan. Untuk instrument pengambilan data pada
penelitian ini adalah lembar validasi desain produk, soal tematik dan angket
respon guru. Pada tahap uji kelayakan desain produk mendapatkan presentase
99%, soal tematik 94%, dan angket respon guru 91% yang termasuk kategori
sangat sesuai dan tidak revisi. Tahap Initial Testing dilakukan pada kelas II
dengan 5 orang dan tahap Quantitative Testing dilakukan pada semua siswa kelas
I di SDN Cabbiya I yang berjumlah 10 siswa, namun Quantitative Testing tidak
terlaksana dikarenakan terjadinya pandemi Covid-19. Hasil wawancara dengan
siswa kelas II pada tahap initial testing tidak terdapat saran serta komentar
mengenai produk yang dikembangkan karena yang diberikan berupa respon
positif dan hasil respon guru menunjukkan kriteria sangat baik dengan persentase
100% sehingga tidak diperlukan adanya proses perubahan dan perbaikan pada
media Petir 3D. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media Petir 3D layak untuk
digunakan.
Kata kunci: Media Petir (Permainan Tangga Pintar) 3D, Pengembangan, 4D.