Abstract :
Siswa mendapatkan nilai dibawah KKM setiap ulangan, hal ini sebabkan oleh
kurangnya media pembelajaran yang digunakan guru saat kegiatan belajar
mengajar berlangsung sehingga siswa mengalami kesulitan dalam memahami
setiap konsep materi pada tema. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan
produk berupa media Pohon Ajaib 3 Dimensi (3D), mengetahui kelayakan dan
mengkaji respon siswa kelas II SDN Kasengan II terhadap media Pohon Ajaib 3
Dimensi (3D). Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D dari
Thiagarajan, yang terdiri dari tahap Define, Design dan Development. Instrumen
pengambilan data yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar validasi
desain produk/media dan soal tematik. Pada tahap uji kelayakan desain
produk/media mendapatkan presentase 98% dan soal tematik 96% yang termasuk
kategori sangat sesuai dan tidak revisi. Tahap uji coba awal (Initial Testing) tidak
terdapat saran serta komentar dari siswa mengenai produk yang dikembangkan.
Siswa kelas III memberikan respon positif sehingga tidak diperlukan adanya
proses perubahan dan perbaikan pada media Pohon Ajaib 3 Dimensi (3D). Hasil
penelitian menunjukkan bahwa media Pohon Ajaib 3 dimensi (3D) layak untuk
digunakan.
Kata Kunci: Media Pohon Ajaib 3 Dimensi (3D), Pengembangan, 4D.