Abstract :
Siswa kurang bersemagat dalam menerima pelajaran secara langsung,
sehingga berpengaruh terhadap tingkat koginitif anak. Penelitian ini bertujuan
untuk menerapkan pengembangan permainan tradisional beklan dan respon siswa
saat pembelajaran matematika materi perkalian dasar kelas II Sekolah dasar.
Penelitian ini menggunakan model pengembangan Research and Development
(R&D) 4D dari thiagarajan yang telah diadaptasi menjadi 3D yaitu Tahap
pendefinisian (define) , Tahap perancangan (design) , Tahap pengembangan
(development). Instrumen pengambilan yang digunakan dalam penelitian ini
adalah lembar validasi materi mendapatkan persentase 100%, validasi konsep
mendapatkan persentase 100% dan validasi keterlaksanaan mendapat persentase
100% dengan kategori sangat layak. Uji coba dalam penelitian ini dilakukan pada
siswa kelas II sekolah dasar yang berjumlah 5 orang. Hasil angket respon siswa
mendapat kategori sangat baik dengan persentase 85%. Dari hasil uji coba
penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan permainan tradisional beklan
layak digunakan.
Kata kunci: Pengembangan, Permainan tradisional beklan, Perkalian