Abstract :
Dunia anak sekolah dasar adalah dunia bermain. Di era modern ini sebuah
pengembangan dan penyesuaian media perlu dikembangkan agar mempermudah
dalam proses belajar di sekolah. Salah satunya adalah pengembangan sebuah
media permainan tradisional yang di implementasikan dalam pembelajaran di
Sekolah dasar kelas III yang sudah lama tidak di mainkan oleh kalangan anak-
anak di era modern ini. Penelitian ini bertujuan untuk Melestarikan permainan
khas Madura sertauntuk pengembangan permainan Kal?l?s untuk meningkatkan
kemampuan psikomotor siswa kelas III supaya dapat digunakan sebagai media
bermain sambil belajardi sekolah dasar.Pengembangan media permainan Kal?l?s
ini melewati tahap validasi untuk mengetahui kelayakan produk yang
dikembangkan, kelayakan materi dan mengkaji respon siswa terhadap produk
yang dikembangkan. Penelitian ini merujuk model pengembangan Sugiyono yang
terdiri dari 10 langkah pengembangan yang kemudian diadaptasi oleh peneliti
menjadi 7 langkah pengembangan, yang dimulai dari pencarian potensi dan
masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi produk, revisi desain, uji
coba produk, dan revisi produk. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini
adalah lembar validasi desain media, kelayakan materi, dan angket respon siswa.
Hasil validasi desain media mendapatkan persentase sebesar 75% dari ahli desain
media, validasi kelayakan materi mendapatkan hasil persentase 91,6% dari ahli
buku petunjuk mendapatkan presentase sebesar93,75%. Tahap ujicoba produk
menghasilkan respon siswa dari 4 siswa kelas IIIdan 2 siswa kelas IV sekolah
dasar sebagai subjek uji coba penelitian. Hasil respon siswa menunjukkan kriteria
sangat baik yaitu 96,29%. Berdasarkan hasil penelitian, maka disimpulkan bahwa
Pengembangan media permainan Kal?l?s untuk kelas III, layak digunakan sebagai
media bermain sambil belajar karena telah lulus validasi dan mendapatkan respon
baik dari siswa.
Kata kunci: Pengembangan,Permainan Khas Madura, Kal?l?s