DETAIL DOCUMENT
PERBANDINGAN SIKAP PERCAYA DIRI ANTARA SISWA AKTIF MENARI DENGAN SISWA PASIF MENARI SDN PANGARANGAN III
Total View This Week0
Institusion
Universitas Wiraraja
Author
Mardiyah, Kuntoro'ah
Subject
370 Education 
Datestamp
2021-11-22 08:30:19 
Abstract :
Tari menjadi salah satu dari variasi kegiatan lingkungan yang dapat menumbuh kembangkan kepribadian. Kepribadian yang perlu ditumbuh kembangkan sejak dini yaitu sikap percaya diri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah perbedaan sikap percaya diri siswa aktif menari dan siswa pasif menari, dan untuk mengetahui bagaimanakan perbedaan sikap percaya diri siswa aktif menari dan siswa pasif menari SDN Pangarangan III. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan model komparatif. Populasi yang digunakan yaitu kelas III-VI sedangkan sampel sebayak 20 siswa atau seluruh siswa yang mengikuti ekstrakulikuler tari dan 20 siswa tidak mengikutinya. Sampling yang digunakan adalah Probability Sampling dengan teknik pengambilan data menggunakan proportionate stratified random sampling. Data yang digunakan meliputi angket dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) terdapat perbedaan sikap percaya diri siswa aktif menari dan pasif menari, yang dibuktikan dengan hasil Independent samples t-test. Dimana diketahui nilai sig. (2-tailed) sebesar 0.000<0,05 artinya Ha diterima, Ho ditolak; 2) Sikap percaya diri siswa aktif menari dan pasif menari SDN Pangarangan III sama-sama berani berinteraksi, pada aktif menari lebih berpikir positif, juga yakin pada kemampuan dan lebih berani bertindak dari pada siswa pasid menari. Sehingga dapat dikatakan sikap percaya diri siswa aktif menari lebih dominan dari pada siswa pasif menari. Kata Kunci: Sikap pecaya diri, Aktif Menari, Pasif Menari. 
Institution Info

Universitas Wiraraja