Abstract :
Bermain merupakan hal yang pertama bagi siswa sekolah dasar. Namun belajar
yang diselingi dengan permainan itu yang lebih utama. Permainan BarEngan
(Gambar dalam Celengan) ini mampu mengasah 3 kemampuan yakni kognitif,
afektif, dan psikomotor.Penelitian ini bertujuan agar siswa lebih antusias untuk
belajar dan mudah mengingat macam-macam hewan beserta jenis makanannya
pada pembelajaran IPA. Media ini sudah dikembangkan oleh peneliti supaya
dapat digunakan sebagai media bermain sambil belajar. Pengembangan media
pembelajaran BarEngan (Gambar dalam Celengan) melewati tahap validasi untuk
mengetahui kelayakan produk yang dikembangkan, dan mengkaji respon siswa
terhadap
produk
yang
dikembangkan.
Penelitian
ini
merujuk
model
pengembangan Sugiyono yang terdiri dari 10 langkah pengembangan yang
kemudian diadaptasi oleh peneliti menjadi 7 langkah pengembangan, yang
dimulai dari pencarian potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk,
validasi produk, revisi desain, uji coba produk, dan revisi produk. Instrumen yang
digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi format media, isi materi
media, dan angket respon. Hasil validasi format media mendapatkan persentase
sebesar 90% dari ahli desain media, validasi isi materi media mendapatkan hasil
persentase 100% dari ahli materi yang termasuk kategori sangat sesuai dan tidak
revisi, sedangkan hasil validasi angket respon siswa mendapatkan persentase
sebesar 100% dari ahli angket respon yang termasuk kategori sangat baik. Tahap
ujicoba produk menghasilkan respon siswa dari 6 siswa kelas IV sekolah dasar
sebagai subjek uji coba penelitian. Hasil respon siswa menunjukkan kriteria
sangat baik yaitu 96%. Berdasarkan hasil penelitian, maka disimpulkan bahwa
pengembangan media pembelajaran BarEngan (Gambar dalam Celengan) layak
digunakan sebagai media bermain sambil belajar karena telah lulus validasi dan
mendapatkan respon baik dari siswa.
Kata kunci: Pengembangan, Gambar dalam Celengan, Penggolongan Hewan
Berdasarkan Jenis Makanannya