Abstract :
Pelajaran matematika merupakan pelajaran yang selalu dianggap sulit oleh siswa.
Ditambah dengan minimnya media yang digunakan guru kelas IV. Penelitian ini
bertujuan untuk pengembangan permainan modern mobile legends yang diberi nama
mobatar (mobile legends bangun datar) materi keliling dan luas bangun datar kelas IV
dan untuk mengetahui bagaimana respon siswa. Pengembangan media permainan
mobatar materi keliling dan luas bangun datar kelas IV melewati tahap validasi untuk
mengetahui kelayakan produk yang dikembangkan, kelayakan materi dan mengkaji
respon siswa terhadap produk yang dikembangkan. Penelitian ini merujuk model
pengembangan Sugiyono yang terdiri dari 10 langkah pengembangan yang kemudian
diadaptasi oleh peneliti menjadi 7 langkah pengembangan, yang dimulai dari
pencarian potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi produk,
revisi desain, uji coba produk, dan revisi produk. Instrumen yang digunakan adalah
lembar validasi desain media, kelayakan materi, dan angket respon siswa. Hasil
validasi 95% dari ahli desain media, 100% dari ahli kelayakan materi, 100% dari ahli
angket respon yang termasuk kategori sangat baik. Tahap ujicoba produk
menghasilkan respon siswa dari 6 siswa kelas IV sekolah dasar sebagai subjek uji
coba penelitian. Hasil respon siswa menunjukkan kriteria sangat baik yaitu 99%.
Berdasarkan hasil penelitian, maka disimpulkan bahwa Pengembangan media
permainan mobatar materi keliling dan luas bangun datar kelas IV layak digunakan
sebagai media bermain sambil belajar karena telah lulus validasi dengan deskripsi
media yaitu panjang 118 cm dan lebar 83 cm. terdapat tiga jalur berbentuk kotak-
kotak berisi gambar juagle moster yang dicocokkan dengan kartu soal juagle moster.
Respon siswa terhadap Pengembangan media mobatar materi keliling dan luas
bangun datar kelas IV sangat baik.
Kata kunci: Pengembangan, Media, Mobatar